Selamat Datang di MAN Alor - Madrasah Plus Keterampilan, Kawasan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Produk Multimedia - MAN ALOR | Multimedia

Header Ads


 

Breaking News

Produk Multimedia


| Produk Multimedia |

Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, foto, audio, dan animasi secara terintegrasi. Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linear dan multimedia interaktif. 

1) Multimedia linear 

Multimedia linear dimulai dari satu posisi awal menuju ke suatu posisi akhir dengan sedikit atau tanpa interferensi pemakai. Misalnya televisi, film, majalah, koran. Pemakai hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir. 


Gambar 1. Diagram Multimedia Linier


Ciri-ciri dari multimedia linear :

 Sederhana

 Bersifat logical

 Ideal untuk produk yang kecil 


2) Multimedia interaktif

Multimedia interaktif adalah integrasi digital antara text, graphics, animasi, audio, gambar tak bergerak (still images) dan bergerak (motion video) dimana disediakan kontrol terhadap konten dan interaksi tingkat tinggi bagi pemakai individu dan aplikasi multimedia. Misalnya game, multimedia pembelajaran, website. Pengguna dapat mengontrol apa dan kapan elemenelemen multimedia akan dikirimkan atau ditampilkan.

Ciri-ciri dari multimedia interaktif :

 Bersifat non-linear

 Ada unsur interaktif didalamnya

 Pengguna menentukan apa, kapan dan bagaimana konten ditampilkan

Multimedia interaktif terbagi menjadi dua, yaitu : 

 Hierarchycal, pemakai memiliki pilihan, tetapi topik-topik dapat dibagi menjadi subtopik yang lebih spesifik. 


Gambar 2.
Diagram multimedia interaktif hierarchycal 

 Non-linear, memungkinkan pemakai untuk bebas bergerak untuk melihat isi materi dengan cara berinteraksi. Tidak ada hierarchy yang dipaksakan, pemakai dapat bergerak bebas ke materi manapun.
Gambar 3.
Diagram multimedia interaktif nonlinear

Untuk membuat multimedia interaktif diperlukan konsep dasar media yang akan dibuat (meliputi materi dan pesan yang ingin disampaikan), layout atau desain dan sistem navigasi (mapping). 
Sebagai contoh akan dibuat sebuah multimedia interaktif tentang sebuah studio foto bernama SMK Foto. Multimedia interaktif ini nantinya digunakan sebagai media promosi, sehingga selain informasi terkait dengan penjelasan tentang studio foto SMK Foto, juga ditampilkan produk-produk layanan yang diberikan dan contoh portfolio yang pernah dikerjakan. Dengan konsep sederhana diatas dapat dibuat sistem navigasi (mapping) sebagai berikut : 
Gambar 4. 
Sistem navigasi multimedia interaktif SMK Foto

Rangkuman
Produk multimedia secara umum dibagi menjadi dua yaitu multimedia linear dan multimedia interaktif. Pada multimedia linear pemakai hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir. Contohnya adalah televisi, film, majalah. Pada multimedia interaktif pengguna dapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia akan dikirimkan atau ditampilkan. Contohnya game, multimedia pembelajaran, website.

Simak video di bawah ini.


Tidak ada komentar